Tips Jitu Memeriksa Keaslian Berita | HOAK ATAU ASLI ?

Tips Jitu Memeriksa Keaslian Berita | HOAK ATAU ASLI ?

Cara Mengidentifikasi Berita Hoax - pada zaman sekarang dengan adanya sosial media dalam hal  peredaran berita sangatlah cepat, namun tidak sedikit juga peredaran berita hoax. Kita sebagai pengkonsumsi berita tentunya harus cerdas dalam memilih informasi mana yang asli dan informasi mana yang berita hoax atau berita bohong.

Tips Jitu Memeriksa Keaslian Berita


Apabila berita hoax dibiarkan dan semakin meluas keberadaanya itu dapat mengancam masyarakat karena menebar informasi yang tidak falid kebenaranya. Dan sayangnya lagi, kita belum memiliki cara yang pasti untuk mengecek berita hoax ataupun berita akurat.

Nah. sekarang adimasrosidBlog akan memberi sedikit tips untuk kalian semua supaya dapat membedakan mana berita asli dan mana yang berita hoax. Bagaimana caranya ? Berikut cara Mengidentifikasi Berita Hoax Atau Tidak.

Tips Jitu Memeriksa Keaslian Berita | HOAK ATAU ASLI ?

1.Elemen Berita

Pastikan berita yang sobat baca tidak memiliki kalimat ambigu atau kaliamat janggal. Seperti kalimat persuasif dan kaya pemaksaan. Contoh " Sebarkanlah !" "Viralkanlah" dan lainnya.

Ada lagi, untuk berita hoax biasanya tidak memakai tanggal dan hari yang jelas. Biasanya memakai istilah kalimat "kemarin" , " dua hari yang lalu" , Seminggu yang Lalu"

Dan parahnya lagi biasanya berita hoax mengklaim sumber yang tidak terpercaya. Bahkan berita hoax bisa memakai opini seseorang. Dan bukan fakta

2.Verifikasi Sumber

Pastikan berita yang kalian baca memiliki sumber dan konten terpercaya. sobat bisa memakai google untuk memverifikasinya. dengan cara cari tema berita secara spesifik dengan tambahan kata hoax di ujungnya.

3.Cek Gambar Dengan aplikasi

sobat bisa memastikan sumber foto yang diunggah di artikel atau berita terkait. Jadi sobat bisa mengecek kembali apakah foto tersebut asli atau palsu. Caranya cukup simple, sobat hanya perlu memanfaatkan google images
Tips Jitu Memeriksa Keaslian Berita


Nah selanjutnya Sobat cari dan simpan foto berita hoax yang akan sobat verifikasi dengan cara Screenshot artikelnya.

Lalu nanti di laman google images, sobat dapat mengupload konten tersebut pada kolom pencarian. Setelah itu akan muncul hasil pencarian yang menampilkan situs pertama yang mengunggah foto tersebut. Situs tersebut akan muncul di posisi page one dan teratas.

4. Cek Dengan Aplikasi

Sobat dapat mengecek berita hoax dengan suatu aplikasi yang bernama hoax analyzer. untuk lebih lanjut, sobat dapat pergi ke tautan ini

Oke Sekian Artikel tentang cara mengidentifikasi berita hoax atau tidak.. semoga kita tidak mudah terhasut dalam berita semacam itu .

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.